• Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 16.30 WIB. Buka setiap hari
  • Status Order
  • Tlp: +62 532-22176
  • SMS/WA: 6285235000777
  • cs@aecomputer.co.id
Terpopuler:

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD Dibandingkan HDD Konvensional

06 March 2019 - Kategori Blog

Di zaman sekarang ini, teknologi komputer semakin berkembang pesat, penggunaan SSD bukan merupakan hal yang baru lagi. Memang waktu dulu penggunaan SSD untuk komputer ini hanya sebatas komputer tertentu saja, misal komputer server. Karena kerja server ini termasuk berat maka penggunaan SSD sangat diperlukan agar akses server lebih cepat. Namun untuk saat ini, komputer biasa bahkan laptop sudah banyak yang menggunakan SSD. Bahkan ada beberapa merk laptop yang hardware nya sudah menggunakan SSD, di samping juga ada HDD pula di dalamnya. Biasanya untuk laptop laptop high end yang sudah menawarkan SSD langsung di dalamnya, seperti laptop gaming di atas 10 jutaan.

SSD ini bisa digunakan untuk PC maupun untuk laptop. Ukuran SSD sendiri sebenarnya seukuran HDD laptop (2,5″) namun bisa di pasang di komputer.

SSD itu sebenarnya sama dengan HDD, fungsinya sama sebagai media penyimpanan. Yang membedakan adalah komponen di dalamnya. Jika komponen dalam HDD masih menggunakan media disc (piringan) yang kalau sedang bekerja piringan itu berputar.Sedangkan untuk SSD sendiri di dalamnya terdiri dari sekumpulan memori yang dipasang pada sebuah board. Anda tahu RAM? Nah isi dalam SSD kurang lebih seperti pada RAM, jadi tidak ada komponen mekanikal disc di dalam SSD.

Kelebihan/ keunggulan SSD dibandingkan HDD.

1. Performa SSD jauh lebih baik daripada HDD dalam arti kecepatan read and write SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD.
2. Menggunakan SSD hampir tidak ada suara. Karena komponen di dalamnya hanya berisi sekumpulan memori. Makanya SSD ini tidak berisik. Beda dengan HDD konvensional yang masih menggunakan piringan.

3. SSD ini jauh lebih ringan dibandingkan HDD. Ini juga dikarenakan komponen di dalamnya yang hanya terdiri dari sekumpulan memori tadi. Berbeda dengan piringan yang lebih berat.

4. Menggunakan SSD lebih menghemat daya listrik. Walau sebenarnya besarnya daya yang digunakan tidak begitu terasa namun yang jelas SSD lebih hemat listrik daripada HDD.

5. SSD lebih tahan terhadap guncangan. Berbeda dengan HDD yang masih mengandalkan disc di dalamnya. Disc itu lebih sensitif terhadap guncangan karena dia berputar dan banyak mekanikal di dalamnya. Berbeda dengan SSD yang tidak ada gerakan/ mekanikal di dalamnya, jadi lebih tahan guncangan.

Kekurangan menggunakan SSD dibandingkan HDD.

1.Harga yang jauh lebih mahal daripada HDD konvensional.

2. Umur SSD lebih pendek jika dibandingkan HDD, dalam hal penggunaan yang sama, karena siklus read and write SSD ini lebih pendek.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp